Wisata ke Tuban

Kebetulan kemarin Minggu ada teman yang melangsungkan pernikahan di Tuban Jawa Timur. Disamping menghadiri acara pernikahan tersebut juga sekalian untuk wisata di beberapa tempat yang dekat dengan acara walimahan tersebut, yakni setelah datang ke acara pernikahan tersebut. Karena tempat acara pernikahannya di pusat kota, sehingga saya pun mencari tempat wisata yang ada di pusat kota Tuban (dekat dengan tempat acara pernikahan). 

Saya ke Tuban ini bersama dengan teman-teman seperjuangan sewaktu dulu masih aktif di salah satu UKM di kampus. Bisa kumpul dan jalan bersama seperti itu berasa seperti reuni 🙂 (termasuk juga yang melangsungkan pernikahan).

Oh ya karena waktu untuk jalan-jalannya tidak terlalu lama karena sudah sore dan harus pulang kembali ke malang sehingga tempat yang saya kunjungi pun tidak banyak.

Karena saya ingin melihat masjid Jami’ di kota Tuban itu seperti apa, tujuan pertama yakni datang ke masjid Jami’. Masjid Jami’ ini ternyata berada di depan alun-alun kota Tuban. Dan seperti alun-alun di kota lain dimana ciri khas dari alun-alun yakni disekitar alun-alun terdapat kompleks bangunan pemerintahan seperti Kantor Bupati dan lain-lain. Di Kota Tuban pun juga seperti itu.

masjid jami kota tuban

kantor bupati tuban

Setelah dari kompleks alun-alun saya beserta teman-teman pergi ke pantai yang namanya pantai Bom. Oh ya untuk mencari dimana letak pantai Bom, karena sempat ada miss komunikasi antara navigator (berbekal GPS) dengan pengemudi (saya) sehingga kami sempat berputar-putar jauh di kota untuk mencari letak pantai Bom ini, padahal pantai Bom berada di dekat alun-alun yang kami kunjungi tadi, berjalan kaki dari Masjid Jami’ ke pantai Bom pun bisa.

pantai bom kota tuban

pantai bom dilihat dari atas

Dengan harga tiker masuk yang sangat murah yakni Rp 1500 kita bisa menikmati angin pantai dan pemandangan Laut. Di pantai Bom ini terdapat daratan yang menjorok ke laut (sekitar 300m). Kita bisa berjalan kaki untuk sampai ujung daratan ini.

ujung pantai bom kota tuban

tiket masuk pantai bom kota tuban

Dari pantai Bom kami langsung pulang ke Malang (biar tidak kemalaman sampai di Malang). Untuk pulangnya kami memutuskan untuk mengambil ruter berbeda dengan kami berangkat, kuatirnya rute yang kami lewati sewaktu berangkat tadi nantinya mengalami kemacetan.

Berangkat rute yang kami lewati yakni Malang-Surabaya-Gresik-Lamongan sedangkan rute pulang yakni Tuban-Babat-Jombang-Malang. Memang rute pulang yang kami lewati ini tidak mengalami kemacetan tetapi kami sarankan tidak melewati rute ini, karena jalannya disamping kecil, juga kondisi jalannya banyak yang rusak. Memang sih tidak mengalami kemacetan tetapi dengan kondisi jalan seperti waktu tempuh pun juga ikut lama (tidak berbeda jauh dengan rute berangkat). Jalan tersebut melewati pegunungan, hampir sama seperti jalur dari Jombang ke Malang melewati kota Batu.

Tambahkan Komentar

Post Navigation