Wisata Kawasan Kota Tua – Jakarta

Salah satu tujuan wisata yang ada di Ibu Kota (Jakarta) adalah kawasan Kota Tua. Dulunya Kota Tua ini bernama Batavia Lama. Disini terdapat deretan bangunan-bangunan gedung tua berserajarah peninggalan jaman Belanda yang masih kokoh dan masih bisa kita lihat.

Akses Menuju Kawasan Kota Tua

Untuk menuju ke Kota Tua aksesnya sangat mudah salah satunya yakni dengan naik Commuter Line atau KRL dengan tujuan stasiun Jakarta Kota (stasiun terakhir commuter line). Untuk rute Commuter Line atau KRL bisa melihat gambar ini :

Peta-Rute-KRL-CommuterLine-2015

Saya ke Kota Tua naik dari stasiun Pondok Cina di Depok (sebelah Universitas Indonesia) dengan lama perjalanan sekitar 1 jam. Setelah sampai di stasiun Jakarta Kota, kita cukup dengan berjalan kaki untuk menuju ke kawasan Kota Tua. Kota Tua berada di seberang stasiun Jakarta Kota.

Stasiun Jakarta Kota

Kebetulan saya kesana waktu tanggal 1 Januari (bertepatan tahun baru) yang lalu (cukup latepost ya tulisan ini 😀 ) sehingga cukup ramai orang yang berkunjung kesana.

wisata kota tua jakarta

wisata kota tua jakarta

Di kawasan Kota Tua kita bisa melihat beberapa area dan bangunan tua diantaranya :

[adsense]

– Museum Fatahillah

Dulu sewaktu jaman penjajahan Belanda, bangunan museum ini dijadikan sebagai balai kota, ruang pengadilan, dan penjara bawah tanah. Meseum Fatahillah terdiri dari 3 lantai.  Didalamnya terdapat sekitar 25.000 koleksi benda bersejarah, di antaranya prasasti, meriam, patung Dewa-Dewi, koleksi mebel antik, gerabah, dan keramik

Meseum Fatahillah

– Kantor Pos Fatahillah

Kantor Pos Fatahillah posisinya tepat di depan Museum Fatahillah. Sejak awal gedung ini memang digunakan sebagai kantor pos dan sampai saat ini pun, bangunan dua lantai ini tetap berfungsi sebagai kantor pos yang dioperasikan oleh PT. Pos Indonesia.

wisata kota tua jakarta

– Lapangan Fatahillah

Di depan bangunan Museum Fatahillah terdapat lapangan, disebut sebagai lapangan Fatahillah. Lapangan ini dulunya adalah tempat untuk mengeksekusi para tahanan.

lapangan fatahillah wisata kota tua jakarta

lapangan fatahillah wisata kota tua jakarta

lapangan fatahillah wisata kota tua jakarta

Di sekitar lapangan Fatahillah disediakan persewaan sepeda yang bisa kita sewa untuk berkeliling di sekitar lapangan Fatahillah.

lapangan fatahillah wisata kota tua jakarta

Dengan sepeda ini kita bisa berboncengan dengan pasangan atau teman untuk berkeliling disekitar kawasan Kota Tua dan mungkin sambil foto atau ber-selfie, seperti pasangan teman dibawah ini  😀

lapangan fatahillah wisata kota tua jakarta

– Cafe Batavia

Cafe Batavia terletak persis di seberang samping Museum Fatahillah. Cafe dengan interior tempo dulu dan menyajikan menu makanan Asia dan Barat. Disini juga disediakan minuman tradisional seperti bajigur dan bandrek.

Cafe Batavia wisata kota tua jakarta

Tambahkan Komentar