Upgrade Owncloud

Salah satu layanan yang saya kelola CMS-nya menggunakan aplikasi Owncloud. Nah Owncloud yang terinstall versinya sudah lama. Owncloud yang sekarang (stable) versi 8.x sementara layanan tersebut masih memakai versi 4.x. Karena sifatnya major bukan minor sehingga bukan lagi update melainkan upgrade. Salah satu pertimbangan upgrade ke versi yg terbaru yakni sudah mendukung https.

upgrade owncloud

Perbedaan Owncloud dengan Google Drive, Drop Box


Owncloud ini fungsinya mirip seperti layanan Google Drive, Drop Box dan sejenisnya. Perbedaannya adalah

  • Untuk mengakses Google Drive atau Drop Box kita memerlukan koneksi internet, sedangkan Owncloud cukup dengan koneksi lokal (intranet), karena aplikasi Owncloud kita install di server lokal yang ada di jaringan kita.
  • Jika di Google Drive atau Drop Box aplikasi diatur oleh penyedia layanan, sedangkan dengan memakai Owncloud kita bisa mengaturnya sendiri layanan drive di lingkungan kita.

Persamaan Owncloud dengan Google Drive, Drop Box


Owncloud dengan Google Drive atau Drop Box sama-sama sebagai layanan  untuk mengupload dan menyimpan file-file untuk kita akses di mana pun dan kita juga bisa bagikan (share) ke orang lain file atau folder yang kita upload.

Proses Upgrade Owncloud


Ketika akan melakukan upgrade, dibagian dashboard admin ada menu apps. Di menu apps tersebut ada app updater yg bisa digunakan untuk memudahkan dalam melakukan update versi. App updater tinggal diaktifkan dan nanti di menu admin akan muncul tombol pembaruan ke versi yg terakhir. Nah masalahnya tanpa saya baca2 dulu tentang petunjuk upgrade, langsung saya klik itu app updater. Memang proses upgrade berjalan dan proses upgrade menampilkan keterangan selesai. Tetapi setelah itu ketika diakses yang muncul adalah halaman depan (halaman belum login) dan muncul keterangan error kurang lebih seperti ini : proses update multiple versi tidak bisa dilakukan.

Setelah error itu muncul baru saya baca-baca dan ternyata jika ingin upgrade tidak bisa dengan app updater yang langsung loncat versi tetapi dengan proses bertahap. Jadi jika yg sekarang memakai versi 4.x dan ingin ke versi 8.x yang dilakukan adalah versi 4.x di upgrade ke versi 5.x, setelah itu ke versi 6.x, kemudian ke versi 7.x baru setelah itu ke versi 8.x.

Cara Upgrade Owncloud


Cara upgrade Owncloud dengan cara manual, yakni :

  1. Backup dahulu directory owncloud.
  2. Download masing-masing versi tersebut dan yg didownload adalah versi awal dari tiap versi yang ada (versi 5.0.0, versi 6.0.0, versi 7.0.0, versi 8.0.0).
  3. Replace (kecuali folder config dan data) folder owncloud yang lama dengan owncloud versi setingkat diatasnya (versi 4.x replace dengan versi 5.0.0).
  4. Akses owncloud lewat browser, nantinya akan ada proses pembaruan seperti database dan konfigurasi, tunggu sampai proses pembaruan selesai.
  5. Lakukan cek dengan login dan melihat data2 yang diupload sebelumnya dan juga settingan sebelumnya apakah tetap ada dan sesuai.
  6. Lakukan kembali proses 3, 4 dan 5 diatas untuk versi 5.0.0 ke versi 6.0.0 dan seterusnya sampai di dapatkan versi 8.0.0
  7. Nah setelah sampai ke versi 8.0.0 baru kita bisa menggunakan app updater untuk ke versi yang terakhir (saat ini versi 8.a.a).

Tambahkan Komentar

Post Navigation