Shaf Shalat Berjamaah

Masih berkaitan dengan shalat.  Pada tulisan sebelumnya sudah dibahas mengenai rapat lurusnya shaf shalat berjamaah serta larangan lewat di depan orang shalat, Pada tulisan kali ini akan dibahas bagaimana posisi imam dan makmum dalam shalat berjamaah.

Dalam shalat berjamaah terkadang kita temui kekeliruan dalam posisi imam dan makmum, baik itu imam atau makmum laki-laki ataupun perempuan. Perlu kita perhatikan bagaimana posisi shaf jika sedang sholat berjamaah supaya kita tidak keliru dalam mengambil posisi pada saat sholat berjamaah.

Gambar Shaf Shalat


Ada ilustrasi gambar yang memudahkan kita dalam memberi gambaran bagaimana posisi imam dan makmum dalam shalat berjamaah.

shaf shalat berjamaah

Di beberapa Masjid yang ada di Malang saya menemukan gambar diatas dicetak dan ditempel di mading Masjid untuk dilihat dan diperhatikan oleh jamaah Masjid.

Point dari Gambar Shaf Shalat


Point-point yang menjadi perhatian dari gambar diatas adalah :

  • Jika hanya 2 orang yakni laki-laki dengan laki-laki atau perempuan dengan perempuan, maka posisinya yakni sejajar (bukan depan belakang), imam berada disebelah kiri dan makmum disebelah kanan.
  • Jika hanya 2 orang yakni laki-laki (imam) dengan perempuan (makmum), maka posisinya depan belakang dan searah.
  • Jika ada 3 orang atau lebih yang semuanya laki-laki, maka imam berada di depan dan makmum berada di belakang imam.
  • Jika ada 3 orang atau lebih yang semuanya perempuan, imam adalah berada di tengah dan semuanya (imam dan makmum) berada di posisi sejajar (bukan imam di depan, makmum di belakang).
  • Jika ada beberapa laki-laki dan perempuan, maka posisinya yakni imam berada di paling depan, diikuti dibelakangnya makmum laki-laki dan yang paling belakang adalah makmum wanita.

Dan juga yang perlu diperhatikan adalah pada makmum masbuq (laki-laki), shaf dimulai dari tengah (bukan dari pinggir) dan dimulai tepat searah imam, juga tidak boleh membentuk shaf baru jika shaf didepannya belum penuh.

Semoga bermanfaat.

Tambahkan Komentar

Post Navigation