Perkembangan Media Penyimpanan

Pada era sewaktu saya masih sekolah dulu sampai dengan sekarang, setidaknya terdapat 3 perangkat yang digunakan untuk media penyimpanan.

Floppy Disk

disket floppy disk

Floppy disk atau orang-orang menyebutnya sebagai ‘disket’. Waktu dulu harga 1 disket sekitar 4000 rupiah.  Disket ini dimasukkan ke dalam floppy disk yang ada pada PC. Kapasitas penyimpanan pada disket adalah 1,4 Mb. Salah satu yang dialami ketika menggunakan disket adalah seringnya terjadi kerusakan pada disket (tidak tahan lama) dan data yang disimpan sering tidak dapat terbaca.

Disket ini dulunya digunakan pada saat saya masih sekolah SD sampai dengan SMP (tahun 2000). Sekarang disket sudah sangat jarang atau sulit ditemui, tetapi untuk perangkatnya yakni floppy disk saya masih melihatnya di PC (PC terbitan lama yang masih digunakan).

Flash Disk

flash disk

Dengan segala kekurangan yang ada pada disket, maka muncullah media penyimpanan baru, yakni bernama flash disk. Kapasitas penyimpanan pada flashdisk lebih besar dari disket, tersedia mulai dari 4 Mb (awal keluar) sampai yang sekarang ada yang sampai 64 Gb dan kemungkinan akan bertambah terus.

Dari segi bentuk pun flash disk sangat kecil bila dibandingkan dengan disket. Flashdisk dalam menggunakannya dengan ditancapkan pada port USB pada PC. Flash disk mulai digunakan kebanyakan orang pada saat dulu saya sekolah SMA (tahun 2003) dan digunakan sampai sekarang.

Hardisk External

hardisk eksternal

Dengan bertambahnya ukuran file yang disimpan, maka flashdisk dirasa kurang kapasitasnya sebagai media penyimpanan. Muncullah hardisk external. Dengan kapasitas penyimpanannya yang mencapai 1 TB (sekarang), hadisk external menjadikan pilihan tersendiri untuk digunakan media penyimpanan, walaupun dari segi bentuk jauh lebih besar dari pada flashdisk.

Hardisk external juga menggunakan USB sebagai media penghubung dengan PC. Hardisk external dikenal pada saat saya kuliah (tahun 2006).

The following two tabs change content below.

rantsa

System Administrator
Berbagi pengetahuan melalui tulisan blog

Tambahkan Komentar

Post Navigation