Pembayaran Pajak Stnk Online (Esamsat)

Salah satu keuntungan dengan adanya sistem pembayaran online adalah kita tidak perlu datang ke tempat atau mengantri untuk melakukan pembayaran. Dan sistem online yang menguntungkan salah satunya adalah sistem pembayaran pajak STNK.

Sebenarnya juga tidak bisa dikatakan sepenuhnya online, karena perlu membawa bukti pembayaran ke kantor Samsat untuk ditukarkan dengan bukti pajak baru. Tetapi proses penukaran ini tidak perlu mengantri dan sistem online ini juga memangkas proses antrian saat melakukan pembayaran.

Website Esamsat Jatim

Untuk wilayah Jawa Timur untuk melakukan pembayaran pajak STNK (pajak tahunan) cukup dengan mengakses website reg.esamsatjatim.com.

Pertama kita diminta memasukkan kota asal kendaraan kita, wilayah samsat dan no polisi kendaraa.

pajak esamsat

Besaran Pajak Esamsat

Setelah kita klik tombol “Cari”, sistem akan menampilkan data kendaaran kita, seperti merk kendaraan, tahun pembuatan dan yang paling penting adalah besaran pajak yang harus kita bayarkan.

Jika ingin melakukan pembayaran saat itu juga klik “Ya”

data kendaraan esamsat

Data Kendaraan Esamsat

Selanjutnya kita diminta memasukkan no BPKB, kota Samsat dimana kita ingin melakukan pengesahan STNK dan mengambil bukti pajak baru. Dan untuk melakukan pembayaran kita diminta memilih Bank beserta layanannya, apakah ingin melalui ATM, Teller atau yang paling mudah melalui Internet Banking (disini saya memilih pembayaran melalui internet banking bank Mandiri).

Khusus untuk no BPKB jika di STNK tidak ada, isikan dengan tanda – (minus).

Setelah isian semua sudah dipilih, klik “Kode Bayar” sebagai id/kode unik yang nantinya digunakan untuk melakukan pembayaran.

pajak esamsat

Internet Banking Esamsat

Setelah mendapatkan kode bayar, akses internet banking (disini saya mencontohkan internet banking Bank Mandiri). Kemudian menuju ke menu “Bayar” => “Multi Payment” lalu pilih untuk penyedia jasa “e-Samsat Jatim” dan masukkan kode bayar di isian “Kode Bayar”. Klik “LANJUTKAN”.

internet banking esamsat

Pembayaran Esamsat Internet Banking Mandiri

Cek apakah Nopol, Nama dan juga besaran sudah sesuai dengan yang ada di website Esamsat sebelumnya. Jika sudah sesuai lakukan pembayaran.

Jika sukses akan tampil keterangan “Tranksaksi Anda Telah Berhasil” dan proses pembayaran pajak STNK sudah selesai.

Jangan lupa mencetak (print) hasil transaksi untuk dibawa ke Samsat ditukarkan dengan bukti pajak baru.

pembayaran esamsat internet banking mandiri

Tambahkan Komentar

Post Navigation