Pelaksanaan Ospek Tanpa Perploncoan

Ini ada berita yang bagus tentang pelaksanaan ospek di UNDIP (Universitas Diponegoro) Semarang yang tidak ada perponcloan atau acara yang aneh-aneh selama ospek berlangsung. Memang seharusnya ospek di isi acara yang mendidik yang ada kaitannya dengan akademik atau perkuliahan.

Selain meminta mahasiswa baru tidak membawa mobil ke kampus, Universitas Diponegoro Semarang juga meminta kepada mahasiswa baru tahun ajaran 2012/2013 mengenakan seragam sampai 28 September mendatang. Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi MES PhD dalam siaran pers-nya, Rabu (5/9/2012), mengungkapkan, tujuan dari imbauan ini untuk melatih kedisplinan mahasiswa baru agar senantiasa rapi ketika berangkat ke kampus.

Mahasiswa selama satu bulan ini, pada setiap Senin diharap untuk memakai atasan putih dan bawahan gelap, hitam, abu-abu atau biru dan setiap Jumat pakai batik atau lurik. Menurut Sudharto, selain untuk melatih kedisiplinan juga untuk memelihara momentum pendidikan karakter yang baru saja mereka terima pada saat penerimaan program penerimaan mahasiswa baru minggu yang lalu.

“Selain itu kebijakan ini juga untuk menumbuhkan kebersamaan yang kuat, harapannya dengan menggunakan seragam, mahasiswa baru akan saling mengenal antara yang satu dengan yang lainnya,” tambahnya. Sudharto menjelaskan sangat baik bila antarmahasiswa meskipun beda fakultas salain mengenal, hal tersebut selain bisa mengembangkan persahabatan juga investasi networking pada saat mereka nanti sudah lulus kuliah. Menyambut mahasiswa baru tahun ajaran 2012/2013, Universitas Diponegoro akan menggelar upacara penerimaan mahasiswa baru pada hari Senin (27/8/2012). Penerimaan mahasiswa baru di kampus Undip akan dikemas dalam bentuk upacara akademik.

Menurut Kepala UPT Humas Undip, Agus Naryoso, Jumat (24/8/2012), penerimaan mahasiswa baru kali ini akan dilaksanakan dengan semangat keterbukaan, demokratis, dan humanis. Selain itu, akan diisi dengan kegiatan akademik dan kegiatan kemahasiwaan yang dikoordinasikan oleh pimpinan perguruan tinggi di tingkat fakultas, jurusan dan program studi. Kegiatan akan yang diawali dengan upacara penerimaan mahasiswa baru. “Acara ini wajib diikuti oleh semua calon mahasiswa, tidak ada atribut aneh-aneh yang harus dibawa mahasiswa” ujarnya.

Pada upacara penerimaan mahasiswa baru yang akan berlangsung di Gedung Olahraga Undip Kampus Tembalang, Senin mendatang, mahasiswa cukup mengenakan baju atasan putih dan celana panjang hitam berbahan kain bukan jeans. Selain upacara juga dilaksanakan pemberian materi penerimaan mahasiswa baru, pengisian kartu rencana studi (KRS) dan pendidikan karakter di masing-masing fakultas. Materi yang disajikan pada penyelenggaraan Program Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) di antaranya kegiatan akademik perguruan tinggi, pengenalan budaya dan etika, organisasi dan kegiatan mahasiswa, persiapan penyesuaian diri di perguruan tinggi, dan pendidikan karakter

“Materi yang diberikan sangat bermanfaat bagi mahasiswa, tidak ada penggojlokan atau perploncoan, tetapi lebih pada pendidikan karakter agar mahasiswa tumbuh dan berkembang menjadi mahasiswa yang berkepribadian dan mandiri saat kuliah,” tegas Agus.

Hingga kini, jumlah mahasiswa baru yang telah diverifikasi lebih dari 10.000 mahasiswa, terdiri dari 9.423 mahasiswa dari diploma dan sarjana S1, serta 1.249 mahasiswa dari program pascasarjana. Diperkirakan jumlahnya masih akan bertambah.

Sumber dari edukasi.kompas.com

The following two tabs change content below.
Blog ini merupakan tempat saya berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui tulisan. Tulisan saya diblog ini seputar teknologi informasi, tutorial, keamanan jaringan, Islam, FOSS, Server dan hal-hal lain yang menarik minat saya. Bekerja sebagai System Administrator (Server-Data Center) di salah satu Universitas Negeri di Malang. Bisa dihubungi melalui email rachmadtsalaatsa[at]gmail.com

Latest posts by rantsa (see all)

Tambahkan Komentar

Post Navigation