Mikrotik Router Board (Mikrotik RB)

Waktu melihatnya untuk pertama sempat terkagum dengan benda kecil yang satu ini (saat itu yang ada adalah Mikrotik RB 750 G), karena sebelumnya kl ingin membuat router memakai PC yg ukurannya sangat berbeda jauh.

Dengan memakai mikrotik RB ini space untuk tempatnya sangat menghemat karena ukurannya yang kecil. Kelebihan lain jika kita menggunakan mikrotik RB ini adalah dari segi harga juga jauh lebih hemat dari pada jika kita menggunakan PC sebagai router, dengan kisaran harga Rp 700 an untuk Mikrotik RB 750G dan 1,25-1,3 juta untuk harga Mikrotik RB 450G sudah cukup bagi anda untuk memiliki Mikrotik RB ini. Harga tersebut juga sudah termasuk lisensi mikrotik.

Mikrotik RB ini juga sudah terinclude fasilitas hotspot (autentikasi system login internet) yang bisa dihubungkan dengan server radius atau digunakan untuk billing system atau system vouder bagi anda yang ingin usaha internet di cafe atau warnet.

Setelah mencoba2 RB 750G, datang lagi mikrotik RB 450G, yang dari segi kualitas dan harga diatas RB 750G. Perbedaan dari segi hardware kedua Mikrotik RB tersebut salah satunya ada di RAMnya. Untuk RB 750G RAM nya 64 MB sedangkan RB 450G RAM nya 256 MB. Untuk RB 450G. Mikrotik RB 450G tersebut saya coba untuk dihubungkan ke 2 network (2 netmask /24) lalu saya liat resource RAMnya hanya terpakai sekitar 40 MB.Dengan resource seperti itu sudah cukup bagi anda untuk menggunakannya sebagai router.

Beda antara yang berlabel G dengan yg tidak adalah salah satunya pada ethernet, G memakai Gigabit ethernet sedangkan yang tidak memakai label G masih Megabit ethernet. Keuntungan yang lain yang saya rasakan adalah jika listrik nyala sehabis mti kita tidak perlu menyakalan Mikrotik RB ini karena sudah otomatis nyala sendiri dan juga tidak kalah pentingnya adalah adanya program Winbox yang disediakan oleh mikrotik untuk memanajemen Mikrotik RB kita yang sudah berupa GUI, tidak perlu menggunakan terminal.

Mikrotik RB 750G

mikrotik rb750g

Mikrotik RB 450G

mikrotik rb450g

Bagi anda yang memerlukan router dengan harga yang terjangkau yang saya sebutkan diatas (harga Mikrotik RB 750G Rp 700ribu-an dan harga Mikrotik RB 450G RP 1,25-1,3 jt) Mikrotik RB ini disarankan untuk anda pakai :)

The following two tabs change content below.

rantsa

System Administrator
Berbagi pengetahuan melalui tulisan blog

Latest posts by rantsa (see all)

4 Thoughts on “Mikrotik Router Board (Mikrotik RB)

  1. Pingback: Instalasi Jaringan Internet I « Blog | Sharing | Tutorial

  2. budi on October 6, 2011 at 22:25 said:

    mas ko sewaktu mu buka pake wimbox ka detek jaringannya. gimana yaaa

Tambahkan Komentar

Post Navigation