Cara dan Kelengkapan Mengurus Paspor Online

2 minggu yang lalu saya ke kantor Imigrasi untuk mengurus pembuatan paspor. Dari proses yang saya lakukan dalam pembuatan paspor tersebut saya coba sharingkan disini, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin/akan mengurus paspor via online ๐Ÿ™‚ khususnya di daerah Malang.

Letak Kantor Imigrasi Malang yakni di JL. R. Panji Suroso No. 4, Blimbing (dekat Plaza Araya atau depan Kantor Pengadilan Agama). Arahnya yakni dari flyover Arjosari kita menuju ke pertigaan Taspen, dari pertigaan tersebut kita belok ke kanan, nah sekitar 200m di sebelah kanan jalan, kantor Imigrasi Malang berada.

Dalam mengurus paspor bisa dengan 2 cara, yakni secara manual dan secara (semi) online. Kenapa saya katakan semi online, karena selain kita lalukukan secara online kita juga harus datang ke kantor Imigrasi setelah proses online tersebut.ย Perbedaan kedua cara itu yakni (semi) online kita hanya perlu datang ke kantor Imigrasi 2x, sedangkan dengan cara manual, kita perlu datang ke kantor Imigrasi 3x. Proses 2x pada cara semi online tersebut yakni yang pertama verifikasi data, foto dan wawancara sedangkan pada proses kedua yakni pengambilan paspor.

Syarat Pembuatan Paspor


Dokumen yang digunakan untuk syarat pembuatan paspor yakni ada 3 :

  1. KTP yang masih berlaku
  2. Kartu Keluarga (KK) yang terbaru
  3. Akta Lahir/Ijazah pendidikan terakhir/Surat Nikah (pilih salah satu)

Siapkan ketiga dokumen diatas asli, fotocopy dan scan (jpg).

Tahap-tahap Pembuatan Paspor


Nah setelah ke-3 dokumen diatas siap, waktunya untuk mengurus paspor, tahap-tahapannya yaitu :

  1. Melakukan pendaftaran via online di website Imigrasi. Petunjuk cara online dan pengisian silahkan dibaca manualnya di bagian bawah artikelย ini. Pada proses online ini dari hasil scan ketiga dokumen diatas kita upload pada website Imigrasi.
  2. Pada tahap terakhir proses online, kita akan dikirimkan file permohonan paspor pada email kita. Cek email kemudian cetak form permohonan paspor tersebut. Ada 2 form yaitu form lembar untuk Bank dan form lembar untuk petugas.
  3. Lakukan pembayaran ke bank BNI dengan membawa hasil cetak “lembar untuk Bank”. Form tersebut serahkan ke teller Bank BNI dan kita lakukan pembayaran (biaya) sebesar Rp 260.000,- (Biaya passpor Rp 255.000,- + admin Bank Rp 5.000,-)
  4. Datang ke Kantor Imigrasi sesusai dengan hari yang telah kita tentukan pada waktu proses online (hari dan tanggal tercetak pada form lembar untuk petugas maupun Bank) dengan membawa bukti pembayaran dan ke-3 dokumen diatas (asli dan foto copy) serta materai 6ribu.
  5. Setelah sampai di Kantor Imigrasi Malang (usahakan jam 8 pagi kita sudah berada di Kantor Imigrasi) kita mengambil formulir+map (warna kuning) di meja satpam. Setelah formulir tersebut diisi serahkan ke petugas yang ada di loket 5 (loket khusus online) setelah itu kita menunggu untuk dipanggil. Pada loket ini dilakukan verifikasi data. Siapkan ke-3 berkas (asli dan fotocopy) dan bukti pembayaran.
  6. Setelah dari loket 5, kita mengambil nomer antrian (di sebelah meja satpam) untuk foto dan wawancara. Kita menunggu kembali untuk dipanggil.
  7. Pada loket foto dan wawancara, kita foto serta memasukkan sidik jari setelah itu kita di wawancarai ditanyai tujuan kita mau kemana dan untuk apa (kepo aja nih petugasnya ๐Ÿ˜€ ). Setelah proses pada loket ini selesai, kita akan di minta kembali ke Kantor Imigrasi 3 hari setelahnya untuk mengambil paspor. Jadi misalkan ke kantor Imigrasi hari Senin, maka pada hari Kamis kita ke Kantor Imigrasi lagi untuk pengambilan passpor.
  8. Pada pengambilan paspor, kita langsung mengambil nomer antrianย (di sebelah meja satpam) setelah itu kita menunggu untuk dipanggil.
  9. Setelah dipanggil, kita menuju ke loket 1 untuk mengambil paspor dan prosespun selesai, kita sudah mempunyai paspor ๐Ÿ™‚

Suasana didalam ruangan Kantor Imigrasi Malang

paspor kantor imigrasi malang

Jika ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas silahkan sampaikan di komentar ๐Ÿ™‚


Update : Petunjuk pengisian Layanan Paspor Online

Berikut dokumen petunjuk dalam pengisian paspor online. Sebelum melakukan pengisian online silahkan untuk membaca petunjuk di bawah ini terlebih dahulu :

55 Comments

Tambahkan Komentar