Cara dan Kelengkapan Mengurus Paspor Online

2 minggu yang lalu saya ke kantor Imigrasi untuk mengurus pembuatan paspor. Dari proses yang saya lakukan dalam pembuatan paspor tersebut saya coba sharingkan disini, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin/akan mengurus paspor via online ๐Ÿ™‚ khususnya di daerah Malang.

Letak Kantor Imigrasi Malang yakni di JL. R. Panji Suroso No. 4, Blimbing (dekat Plaza Araya atau depan Kantor Pengadilan Agama). Arahnya yakni dari flyover Arjosari kita menuju ke pertigaan Taspen, dari pertigaan tersebut kita belok ke kanan, nah sekitar 200m di sebelah kanan jalan, kantor Imigrasi Malang berada.

Dalam mengurus paspor bisa dengan 2 cara, yakni secara manual dan secara (semi) online. Kenapa saya katakan semi online, karena selain kita lalukukan secara online kita juga harus datang ke kantor Imigrasi setelah proses online tersebut.ย Perbedaan kedua cara itu yakni (semi) online kita hanya perlu datang ke kantor Imigrasi 2x, sedangkan dengan cara manual, kita perlu datang ke kantor Imigrasi 3x. Proses 2x pada cara semi online tersebut yakni yang pertama verifikasi data, foto dan wawancara sedangkan pada proses kedua yakni pengambilan paspor.

Syarat Pembuatan Paspor


Dokumen yang digunakan untuk syarat pembuatan paspor yakni ada 3 :

  1. KTP yang masih berlaku
  2. Kartu Keluarga (KK) yang terbaru
  3. Akta Lahir/Ijazah pendidikan terakhir/Surat Nikah (pilih salah satu)

Siapkan ketiga dokumen diatas asli, fotocopy dan scan (jpg).

Tahap-tahap Pembuatan Paspor


Nah setelah ke-3 dokumen diatas siap, waktunya untuk mengurus paspor, tahap-tahapannya yaitu :

  1. Melakukan pendaftaran via online di website Imigrasi. Petunjuk cara online dan pengisian silahkan dibaca manualnya di bagian bawah artikelย ini. Pada proses online ini dari hasil scan ketiga dokumen diatas kita upload pada website Imigrasi.
  2. Pada tahap terakhir proses online, kita akan dikirimkan file permohonan paspor pada email kita. Cek email kemudian cetak form permohonan paspor tersebut. Ada 2 form yaitu form lembar untuk Bank dan form lembar untuk petugas.
  3. Lakukan pembayaran ke bank BNI dengan membawa hasil cetak “lembar untuk Bank”. Form tersebut serahkan ke teller Bank BNI dan kita lakukan pembayaran (biaya) sebesar Rp 260.000,- (Biaya passpor Rp 255.000,- + admin Bank Rp 5.000,-)
  4. Datang ke Kantor Imigrasi sesusai dengan hari yang telah kita tentukan pada waktu proses online (hari dan tanggal tercetak pada form lembar untuk petugas maupun Bank) dengan membawa bukti pembayaran dan ke-3 dokumen diatas (asli dan foto copy) serta materai 6ribu.
  5. Setelah sampai di Kantor Imigrasi Malang (usahakan jam 8 pagi kita sudah berada di Kantor Imigrasi) kita mengambil formulir+map (warna kuning) di meja satpam. Setelah formulir tersebut diisi serahkan ke petugas yang ada di loket 5 (loket khusus online) setelah itu kita menunggu untuk dipanggil. Pada loket ini dilakukan verifikasi data. Siapkan ke-3 berkas (asli dan fotocopy) dan bukti pembayaran.
  6. Setelah dari loket 5, kita mengambil nomer antrian (di sebelah meja satpam) untuk foto dan wawancara. Kita menunggu kembali untuk dipanggil.
  7. Pada loket foto dan wawancara, kita foto serta memasukkan sidik jari setelah itu kita di wawancarai ditanyai tujuan kita mau kemana dan untuk apa (kepo aja nih petugasnya ๐Ÿ˜€ ). Setelah proses pada loket ini selesai, kita akan di minta kembali ke Kantor Imigrasi 3 hari setelahnya untuk mengambil paspor. Jadi misalkan ke kantor Imigrasi hari Senin, maka pada hari Kamis kita ke Kantor Imigrasi lagi untuk pengambilan passpor.
  8. Pada pengambilan paspor, kita langsung mengambil nomer antrianย (di sebelah meja satpam) setelah itu kita menunggu untuk dipanggil.
  9. Setelah dipanggil, kita menuju ke loket 1 untuk mengambil paspor dan prosespun selesai, kita sudah mempunyai paspor ๐Ÿ™‚

Suasana didalam ruangan Kantor Imigrasi Malang

paspor kantor imigrasi malang

Jika ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas silahkan sampaikan di komentar ๐Ÿ™‚


Update : Petunjuk pengisian Layanan Paspor Online

Berikut dokumen petunjuk dalam pengisian paspor online. Sebelum melakukan pengisian online silahkan untuk membaca petunjuk di bawah ini terlebih dahulu :

55 Thoughts on “Cara dan Kelengkapan Mengurus Paspor Online

  1. Chitose on 27 May 2014 at 21:17 said:

    KK d bilang terbaru kayak gmn ya??

  2. doa on 15 July 2014 at 13:34 said:

    Mau tanya…
    1. Kalo bukan ktp malang apa bisa bikin paspor di imigrasi malang?

    2. Kalo KK yg di-issued oleh kecamatan gmn?

    3. Kalo bikin paspor untuk berlima (sekeluarga) apa bisa pakai satu alamat email?

    Makasih banyak..

    • Bukan KTP malang bisa mas, kebetulan KTP saya juga bukan malang. Temen saya pakai KK yang ditandangani kecamatan dikembalikan dan diminta untuk ngurus KK baru yang ditandangani Dispenduk Capil mas. Untuk pertanyaan no 3 maaf saya kurang tau.

  3. Nununu on 2 August 2014 at 17:48 said:

    Kalo Misalnya Kk sma Akte lahirnya foto copy gimana ? Orang tua gak di Malang

  4. bela on 6 August 2014 at 17:02 said:

    mas,.. kalo ngambil paspornya diwakilkan boleh?

  5. bela on 6 August 2014 at 17:31 said:

    Mas,.. di manualnya, ada tata cara yg harus upload kk dan lain lain,..
    ini saya daftar kok gak pake gitu yaa? gak ada upload kk dll,

    fyi dulu dulu bgt saya juga iseng iseng dftr dan gak jadi, itu juga ada di suruh upload file.
    apa sekrng sistemnya gnt ya?

  6. andreas dwi s on 12 August 2014 at 13:43 said:

    biaya paling per 12 agustus 2014 adalah 300.000 + 55.000 + 5000 untuk paspor 48H

  7. Selang waktu dari permohonan online sama panggilan kantornya berapa hari? Terima kasih ๐Ÿ™‚

  8. Maksud saya, antara waktu online sama waktu yang ditentukan suruh ke kantor imigrasinya itu selisih berapa hari? ๐Ÿ˜€

  9. Aini Chikmawati on 18 October 2014 at 16:28 said:

    untuk form 7. input data pemohon. disitu ada nama orang tua. apakah ortu yang sudah meninggal jg disebutkan? maksud alamat lama tuh yang dimana? apa alamat asli orang tua ?

  10. Sotyohadi on 23 October 2014 at 07:36 said:

    Terima kasih atas infonya, ingin menanyakan jika tahu…. kalo ingin mendapatkan paspor utk anak saya yang berumur 7 th bagaimana caranya???

  11. mohon bantuannya…saya bingung saat mengisi form online pada kolom LOKASI KANTOR IMIGRASI karena di kolom tersebut tertera lokasi KANIM KELAS II Malang, bukankah di malang itu KANIM KELAS I ??? mohon pencerahhannya.
    matur nuwun ๐Ÿ™‚

    • hehehe memang di pilihannya yang tertera Kanim Kelas 2 mbak, tapi pengurusannya nanti di Kanim Kelas 1 (JL. R. Panji Suroso No. 4, Blimbing)
      sistem onlinenya belulm di update sepertinya mbak

  12. saya pengen g antre gmn mas caranya??soalnya sekarang dibatasi cuman 40 orang aja tiap harinya,trus antre bingitssssss

  13. zamroni on 1 January 2015 at 14:41 said:

    Mas mau tanya, sya mau ngurus pasport utk umroh insyaAllah..utk data insyaAllah lengkap, tpi ini satu kendala krena sya pindah alamat dan baru ngurus KK shingga alamat KTP dengan KK msh berbeda..belum dirubah krena kata petugas kelurahan klo mau merubah data yg khususny utk e-ktp nunggu…
    Dan pekan lalu sya menanyakan ke petugas imigrasi alamat KK dan KTP harus dsamakan terlebih dahulu, katanya kalo tdk sma pd saat input data tdk akan masuk, kata petugasnya begitu…dan sya tnya solusinya ktnya data utk KTPnya harus drubah atau mnta surat keterangan dri dinas kependudukan dikepanjen..naa kmudian sya tnya kpihak kelurahan kmudian sya dbuatkan KTP smentara dan surat keterangan bhwa sya sdh menjadi warga kelurahan stempat, krena kata petugas kelurahan kalo kita ngurus di dinas kependudukan pun belum tentu bsa lngsung dbuatkan alias tdk bsa jadi pd hari itu..kira2 smisal saya ajukan surat keterangan dan KTP sementara dri kelurahan tersebut sdh bisa mewakili perubahan data e-KTP sya apa tidak ya…??mksi

    • Iya memang diharuskan identitas yang tercantum di KTP harus sama dengan yang ada di KK. Teman saya ada juga yang KK nya belum jadi/belum terbit dan oleh petugas imigrasi diminta mengurus surat keterangan sebagai ganti KK

  14. apakah ada beda cara pengurusan Paspor perpanjangan dan paspor urus baru?
    mohon info, terimakasih.

  15. mina on 16 January 2015 at 20:59 said:

    Maaf, mau tanya.. Dokumen yg dscan itu yg fotocopy atau yg asli ya?! Mksh

  16. dee on 17 March 2015 at 17:26 said:

    Sy mau ngurusin 3 paspor, utk ayah dan adik, ketiganya berbeda.
    Postingan anda benar2 membantu saya mas. Terimakasih..
    Untuk adik yg belum usia 17thn sdh terjawab d pertanyaan sbelumnya.
    Mohon infonya mas, klo untuk PNS, butuh surat rekomendasi dr kantor ndak yah?
    Terimakasih

  17. yatmo on 24 March 2015 at 09:27 said:

    kalau orang tua gak punya akte kelahiran, apakah diharuskan mengurus dulu dan untuk pengurusan apakah juga pakai surat pengantar dari kepala desa/lurah.

  18. Mas kalo mau bikin tapi nggak mau ke luar negri bisa gak? cuma buat pamer temen temen kampung?

    • bisa aja mas, nanti waktu sesi wawancara ketika petugasnya nanya “bikin passport mau pergi kemana?” mas jawab aja “cuma buat pamer temen temen kampung pak” , hehehe

  19. diana on 7 June 2015 at 04:33 said:

    Kalo g pake dokumen asli bisa g?soalnya dokumen asli tertiggal dirumah

  20. Itsuwa on 23 July 2015 at 08:34 said:

    Kamis pagi 23 Juli 2015 saya mencoba mendaftar paspor online untuk mengganti paspor saya yang habis masa berlakunya.
    Saya buka web ipass.imigrasi.go.id…
    yang muncul …”laman web tidak tersedia…”
    tidak cuma sekali,
    baru beberapa kali web baru bisa dibuka.

    Isi halaman pertama berhasil,
    mau mengisi halaman kedua “masa berlaku ID” tidak bisa muncul tanggalnya….
    Saya coba lanjut tidak bisa, bisanya hanya kembali ke halaman pertama…

    Oh,,, Indonesia, kapan majunya…???

  21. tips nya sangat membantu terima kasih banyak mas.. ini lagi daftar online… salam

  22. Pingback: Surat Pengantar Taspen | Contoh Surat

  23. firo on 31 October 2015 at 08:39 said:

    Kalo qt yang nguruskan punya org lain bisa gak? Bukan calo ya,soalnya kakak sibuk kerja jd dia mnt rolong aq yg uruskan.dia nanti tinggal foto aj.bisa ap gak?

    • sewaktu mengurus dulu ada orang yang juga mewakili tetapi petugasnya bilang yg bersangkutan harus datang sendiri atau mungkin bisa memakai surat kuasa

  24. siti on 4 December 2015 at 13:44 said:

    Maaf mas td saya sempat dtg ke kantor imigrasi tp krn KTP saya bukan E KTP jd saya Di saran kan untuk minta surat pernyataan klu E KTP dlm proses. Terus skr saya pengen dafter via online gimana cara buka wibset nya…. maksud nya kita klik apa dulu biar bisa masuk Di online pasport. … mohon info mks

  25. siti on 4 December 2015 at 13:52 said:

    Mas kok saya gak bisa ya coba via online….

  26. ruhul on 11 January 2016 at 18:33 said:

    Ada yg tau cara cek paspor udah selesai apa belum via sms?

  27. yon pulau Batam on 14 January 2016 at 13:21 said:

    Mas saya sdh bayar di BNI. tapi ada data yang salah masuk waktu mengisi formulir (on line) ,contoh… (hanum) saya ketik( hnum).terus yang satu nya lagi kalau untuk haji dan umroh kan di ujung nama kan harus pakai bin/binti ,ini tidak saya ketik menurut semesti nya, saya sdh coba hubunggi no yg ada di imigrasi tidak ada yang angkat, beri kami solusi ya ? apa masih bisa dirobah ? robah nya di man?

  28. Apa bedanya paspor biasa dg paspor biasa elektronik?

    Kalau tdk salah biayanya jg berbeda.

    Apa cara daftar onlinenya sama?

    Makasih sebelumnya.

  29. Mas, saya sudah mengisi semua data pada tahap 1 trus masuk ke tahap 2 (Verifikasi Permohonan). Setelah saya mengisi caphtcha dan klik lanjut muncul tulisan “(-1) terjadi masalah”. Saya sudah mencoba berkali-kali tapi masih tetap saja muncul. Mungkin ada solusi?

  30. mahfud ifend on 19 July 2016 at 21:01 said:

    Klo blom punya ktp (blom cukup umur) gmn?

  31. yoeseph yanto soebekti on 19 January 2017 at 13:39 said:

    dokumen yg diperlukan untuk perpanjang paspor

  32. yoeseph yanto soebekti on 19 January 2017 at 13:43 said:

    kalau nama di pasport sesuai dg akte lahir tapi tdk sama dg di ktp spt contoh nama di ktp yoeseph di akte lahir jozeph

    • Biasanya diminta memilih yang dipake nama ktp atau akte lahir kemudian diminta mengurus perubahan ktp atau akta yang dirubah mas. Semoga membantu

Tambahkan Komentar

Post Navigation