Keuntungan Menggunakan CDN

Apa itu CDN?

CDN atau Content Delivery Network merupakan teknologi yang menyimpan content pada sekumpulan jaringan yang terhubung ke beberapa server yang tersebar di berbagai negara. Jadi dengan menggunakan CDN, content di website kita akan di mirrorkan ke server lain yang terletak di berbagai negara sehingga akan meningkatkan loading time dan availability website kita. Server CDN akan merespon otomatis dengan server yang terdekat dengan pengunjung (berbasis geografis).

Contoh Kasus

Kita memiliki website yang berada pada server hosting indonesia. Kemudian ada pengunjung dari Rusia mengakses website kita, dikarenakan jarak dan kecepatan internasional connection antar dua negara sehingga pengunjung dari Rusia akan sedikit kesulitan mengakses website kita.

Dengan adanya CDN, maka website kita yang diakses oleh pengunjung Rusia akan di mirrorkan ke server yang berdekatan dengan Rusia. Sehingga pengguna Rusia cukup mengakses server tersebut (server dekat Rusia) tanpa langsung mengakses website kita yang berada di Indonesia.

Gambar CDN

CDN bisa digambarkan seperti berikut ini :

cdn server

cdn – content delivery network

Manfaat CDN

Manfaat yang kita dapatkan jika menggunakan CDN adalah website kita akan mudah dan cepat diakses dari berbagai negara dan juga quota bandwidth di server asal akan minim dalam pemakaian.

Penggunaan CDN

Penggunaan CDN cocok bagi anda yang ingin :

  1. Memiliki website yang bisa diakses dengan mudah dari negara manapun
  2. Memiliki website dengan traffic pengunjung tinggi yang berasal dari berbagai negara
  3. Memiliki website dengan penggunaan resourches minimum

3 Thoughts on “Keuntungan Menggunakan CDN

  1. gan.. website ini pake CDN ga ya..??

  2. lha… kan banyak layanan CDN gratis gan

Tambahkan Komentar

Post Navigation