Filter Kolam Koi Tong Biru DIY

Ini hasil filter kolam koi tong biru DIY (do it yourself) yang saya buat. Kapasitas tong biru ini 50 liter. Filter tong biru ini untuk menambah filter tong yang sebelumnya sudah ada, seperti yang saya jelaskan di tulisan sebelumnya (8 Koi Mati!!).

filter tong biru

Filter tong biru ini saya lubangi dibagian tutup tong (masuk air), samping atas (keluar air) dan samping bawah (backwash) untuk dipasangi pipa. Semua pipa yang digunakan filter tong biru ini berukuran 1¼ dim, kecuali bagian backwash menggunakan pipa berukuran ½ dim.

[adsense]

Inlet

Model aliran air tong biru ini yakni dari filter tong yang berwarna hitam air keluar dan akan masuk ke filter tong biru ini.

filter tong biru inlet

Air akan masuk di dasar tong biru dengan saya tambahkan sambungan L sehingga membentuk huruf S. Bentuk huruf S ini dimaksudkan supaya air memutar (terjadi arus) di dasar tong biru.

filter tong biru inlet dalam

Outlet

Di bagian samping atas tong, saya lubangi dan saya pasang sok pipa untuk tempat keluarnya air (yang masuk ke kolam).

filter tong biru inlet dalam

Backwash

Di bagian samping dasar tong saya lubangi juga dan saya pasang kran untuk backwash (menguras tong).

filter tong biru inlet backwash

Filter tong biru ini saya isi media biobal 2000 buah. Sedangkan tong hitam (sebelum masuk ke tong biru) saya isi media dakron blok dan bioblox.

Jika sudah running seminggu dan menunjukkan hasil yang bagus, akan saya update lagi tulisan ini 🙂

Update Setelah 1 Minggu

Update setelah filter kolam koi running setelah 1 minggu dan juga hasilnya saya tulis di tulisan : Filter Kolam Koi Setelah Seminggu, Air Jernih

3 Comments

Tambahkan Komentar