Filter Kolam Koi Setelah Seminggu, Air Jernih

Tulisan ini merupakan update dari tulisan Filter Kolam Koi Tong Biru DIY seminggu sebelumnya. Hari ini tepat seminggu setelah pemasangan filter kolam koi yang saya lakukan seperti ditulisan tersebut. Keadaan air sudah menjadi jernih, sangat berbeda jauh dari beberapa minggu sebelumnya yang keruh dan berwarna hijau, sampai-sampai tidak kelihatan isi kolamnya.

air kolam koi jernih

Air terlihat sudah jernih, selang, pompa air dan juga ikan sudah terlihat jelas. Waktu seminggu tersebut bisa dikatakan backteri di filter kolam koi bekerja dengan baik atau filter mature membutuhkan waktu seminggu.

[adsense]

Oh ya ada yang kurang dari tulisan sebelumnya, yakni filter ketiga/filter terakhir sebelum air masuk ke kolam. Saya menggunakan 2 pot tanaman melati air untuk saya jadikan filter ketiga. Filter dengan menggunakan media tanaman semacam ini biasa disebut sebagai veggie filter. Veggie filter berfungsi untuk menghilangkan  ammonia dan nitrat yang  akan diserap oleh tanaman yang ada di filter ini yang mungkin masih tersisa atau tidak terserap oleh filter sebelumnya. Selain melati air, veggie filter bisa juga menggunakan tanaman enceng gondong, kapu-kapu atau tifa.

veggie filter kolam koi

Air yang terjun terlihat kurang besar ya saat jatuhnya. Sepertinya perlu menambahkan pompa air 1 lagi yang keluar ke tempat tanaman supaya air yang terjun deras tidak gemercik kecil-kecil seperti di atas.

Kapasitas filter kolam koi di saya ini jika dihitung, volume air di tempat melati air tersebut sekitar 150 liter, ditambah 2 filter tong 100 liter (masing-masing filter tong 50 liter) sehingga total volume filter 350 liter dengan volume air kolam 1500 liter.  Jadi volume filter 23% dari volume kolam. Angka 23% ini sebenarnya belum ideal. Idealnya volume filter kolam koi minimal adalah 30% dari volume kolam.

Pembuatan kolam ini memang sejak awal tidak direncanakan dengan baik sehingga filter pun juga harus memakai external yakni tong. Maklum tidak membaca dahulu bagaimana merancang kolam yang baik dan benar, dan juga pemilihan tukang yang salah 😀 . Yang benar dan supaya terlihat rapi seharusnya filter berupa chamber-chamber yang berada di sisi samping kolam.

 

One Comment

Tambahkan Komentar