BAB IV TCP/IP – Sejarah TCP/IP

Pada tahun 1969 lembaga riset departemen pertahanan Amerika, DARPA  (Defence Advance Research Project Agency) mendanai sebuah riset untuk mengembangkan jaringan komunikasi data antar komputer. Riset ini bertujuan untuk mengembangkan aturan komunikasi data antar komputer yang :

  • Bekerja secara transparan melalui bermacam-macam jaringan komunikasi data yang terhubung satu dengan yang lainnya
  • Tahan teradap berbagai ganguan seperti bencana alam, serangan nuklir dan lain-lain.

Pengembangan jaringan ini ternyata sukses dan melahirkan ARPANET. Tahun 1972 ARPANET didemonstrasikkan di depan peserta The First International confrence on Computer Communication dengan menghubungkan 40 node.

Aplikasi TCP/IP


Aplikasi yang pertama kali ditemukan adalah FTP menyusul kemudian E-mail dan TELNET. E-mail menjadi aplikasi yang paling popouler di masa ARPANET. Tahun 1979 tercatat sebagai tahun berdirinya USENET yang pada awalanya terhubung ke Universitas Duke dan UNC, grup yang pertamakali dibentuk dalam USENET adalah grup net. Ukuran ARPANET semakin lama semakin membesar. Protokol komunikasi data yang digunakan pada  waktu itu adalah NCP (Network Communication Protocol) tidak sanggup menampung node komputer yang besar ini, oleh karenanya kemudian DARPA mendanai pembuatan protocol komunikasi yang lebih umum. Protocol ini diberi nama TCP/IP. Departemen pertahanan Amerika menyatakan TCP/IP menjadi standar ARPANET pada tahun 1983. perusahaan Bolt Beranek Newman (BBN) membuat potokol TCP/IP berjalan diatas komputer dengan system operasi UNIX. Pada saat itulah dimulai “perkawinan” antara UNIX dengan TCP/IP .

Tambahkan Komentar

Post Navigation