BAB IV TCP/IP – Netwok Interface Layer

Sebagaimana telah di sebutkan di artikel sebelumnya secara sepintas bahwa layer ini bertanggung jawab mengirim dan menerima data ke dan dari media fisik, karena tugasnya ini maka protocol protocol pada layer ini harus mampu menterjemahkan sinyal listrik menjadi data digital yang berasal dari peralatan yang sejenis. Beberapa contoh dan standar yang bekerja pada layer ini adalah SLIP (Serial Line Internet Protocol), PPP (point to Point Protocol) dan Ethernet.

  • Serial Line Internet Protocol (SLIP) ialah teknik enkripsi yang paling sederhana di internet. Datagram IP yang diterima dienkapsulasi dengan menmbahkan karakter END (0xC0) pada awal dan akhir frame.

Point to Point Protokol (PPP)


Point to Point Protokol (PPP) ini adalah kelanjutan dari protokol Serial Line Internet Protokol (SLIP) yang merupakan standar protocol untuk hubungan point to point dari intrface serial yng menggunakan protocol TCP/IP, PPP memiliki sarana tambahan berupa proses authentikasi utuk keamanan hubungan, serta menunjang protocol lainnya seperti protocol IPX.  Protokol   PPP ini dapat digunaka untuk untuk encapsulasi suatu Physical Interface seperti ISDN(Integrated Service Digital Network, adalah suatu layanan yng menggunakan jaringan telkom umum), serial, dan HSSL.

Langkah-langkah PPP


Langkah pertama untuk mengadakan hubungan dengan menggunakan PPP adalah proses Authentintaksi. Dalam hal ini tipe authentikasi yang dapat digunakan ada 2 yaitu :

  1. Password authentication Protocol (PAP)
    PAP adalah suatu protocol authentikasi dimana remote router mengirimkan permintaan authentikasi. Jika nama pemakai dan password  cocok, maka router local akan  mengirimkan tanda penerimaan. Oleh karena proses authentaksinya yang sederhana maka hubungan PPP yang menggunakan PAP ini tidak terjamin keamanannya
  2. Challenge Handshake Authenticatio Protocol (CHAP)
    Protocol CHAP jika terjadi permintaan dari remote router maka router local mengirimkan paket CHAP yang berisi suatu Nomor ID, nomor random, dan nama router local kemudian remote router harus memberikan jawaban berupa ID yang dienkripsi, nomor random, dan nama remote router yang selanjutnya oleh router lokal jawaban tersebut akan diperiksa dan dibandingkan jika jawaban yang diterima ternyata tidak cocok maka link segera diputuskan.

Selain dua protocol Authentikasi tersebut, protokol lainnya yang terdapat pada PPP ini adalah LCP (Link Control Protocol), protocol ini berfungsi untuk membentuk dan memelihara link dan NCP (Network Control Protocol) protokol ini berfungsi untuk mengkoordinasikan operasi bermacam-macam protocol jaringan melalui link PPP ini.

Tambahkan Komentar

Post Navigation