Aplikasi Pengingat Waktu Sholat – Minbar Prayer Times

Karena Masjid dikantor saya ada digedung sebelah kantor saya, sehingga jika adzan Dzuhur dan Ashar suara adzan kedengeran lirih. Maka dari itu saya memerlukan aplikasi adzan yang bisa memberikan notif ke saya bahwa sudah masuk waktu adzan Dzuhur dan Ashar.

Di linux Ubuntu 11.10 yang terinstall di laptop saya ada aplikasi tersebut, yaitu yang bernama Minbar Prayer Times. Dengan aplikasi Minbar Prayer Times ini, jika kita sedang beraktifitas didepan komputer dan telah tiba waktu sholat, maka akan ada notif berupa pemberitahuan jika akan masuk waktu sholat dan komputer kita akan memainkan adzan.

Untuk menginstall Aplikasi Minbar Prayer Times silahkan menuju Ubuntu Software Center mengetikkan kata Minbar, aplikasi akan muncul dan silahkan klik install. Setelah terinstall silahkan untuk membuka aplikasi tersebut.

Aplikasi Minbar Prayer Times terdiri empat bagian, yaitu: time yang menunjukkan waktu sholat, location yang menunjukkan arah kiblat dari lokasi/tempat kita berada, timetable digunakan untuk mengetahui kalender waktu sholat dalam satu bulan, dan preferences yang digunakan untuk melakukan pengaturan aplikasi.

Sebelum Minbar Prayer TImes dapat mengingatkan waktu sholat, kita harus mensetting aplikasi ini. Silahkan untuk membuka aplikasinya dan klik pada bagian “Preferences”. Kita masuk ke “Edit City Details” kemudian klik “City Details”. Karena saya ada di malang maka saya memasukkan latitude dan longitude kota Malang. Sehingga isian saya adalah: Latitude=7.98, Longitude=112.63, City=Malang, Time Zone=7.0

Untuk anda yang berada di kota selain Malang silahkan menuju website : islamicfinder.com untuk melihat berapa latitude dan longitude kota anda.
1. Pilih Negara : Indonesia

2. Ketik kota anda, misal : Lamongan kemudian klik “Search”

3. Klik “Lamongan”

4. Latitude dan Longitude kota anda akan muncul, misal untuk Lamongan (seperti gambar di bawah), Latitude : -7.1167 dan Longitude : 112.4167

Tambahkan Komentar

Post Navigation