Antara Pagerank dengan Traffic

Banyak yang berbicara tentang pagerank ataupun traffic. Ada teman yang menanyakan ke saya “eh pagerank website atau blog mu berapa??”. Bagi yang belum mengetahui apa sih sebenarnya pagerank itu dan apa sih sebenarnya traffic itu.
Pagerank bisa dibahasakan sebagai label/nilai yang diberikan oleh google pada suatu website, pagerank diberi nilai berkisar antara 1-10. Pagerank didasarkan oleh banyaknya link yang merujuk ke website tersebut. Semakin banyak website yang memberikan link rujukan ke website tersebut maka nilai pagerank juga akan besar. Untuk melihat pagerank suatu website bisa dilihat di pagechecker
Sedangkan traffic adalah banyaknya kunjungan pada suatu situs. Kl didalam blog wordpress kita bisa melihat banyaknya kunjungan melalui “statistik” di dashboard blog worpress kita, sedangkan kl di website biasa kita bisa lihat di googleanalytic (dengan daftar dahulu).

Lalu apakah antara pagerank dengan traffic berjalan seimbang?? Ternyata jawabannya “tidak”, belum tentu pageranknya bagus tetapi traffiknya juga bagus atau banyak dan juga sebaliknya. Sebagai contoh Website yang saya buat yang beralamat di www.uaki.org kl dilihat di web pagechecker website tersebut mempunyai pagerank 1 tetapi kl dilihat di googleanalytic kunjungan perharinya tidak sampai 10. Nah tu… Atau bahkan ada ketika saya membaca di suatu artikel, website yang kunjungan perharinya hanya 1 (itupun adminnya sendiri) bisa mempunyai pagerank 2!

Tetapi dalam hal jual beli suatu website (yang sudah online) yang jadi rujukan atau mahal tidaknya suatu website anehnya didasarkan oleh pagerank. Semakin pageranknya itu besar maka semakin mahal website tersebut. Entah apakah traffic website tersebut sedikit atau banyak yang penting pageranknya besar maka harga jualnya juga akan besar.

Lalu memilih manakah anda antara pagerank atau traffik??Kalo saya sih ya kedua2nya 🙂

One Thought on “Antara Pagerank dengan Traffic

  1. Savannah on 17 October 2009 at 15:00 said:

    Awesome blog!

    I thought about starting my own blog too but I’m just too lazy so, I guess Ill just have to keep checking yours out.
    LOL,

Tambahkan Komentar

Post Navigation