8 Koi Mati!!

Seminggu terakhir sebelum libur panjang dibingungkan dengan filter koi yang tidak bekerja optimal. Sebelum libur panjang keadaan air kolam sudah menunjukkan tidak beres, tp karena libur ya saya tinggal. Dan puncaknya setelah balik dari libur panjang kemarin, sampai dirumah kaget melihat kolam. Banyak koi yang mengapung sudah tidak bernyawa sedangkan air kolam berwarna hijau, berbusa dan bau. Koi yang mati saya ambil dari kolam dan saya hitung satu persatu dan hasilnya ada 8 koi. Itu artinya tinggal 3 koi yang masih hidup. Huaaaaa 8 koi lenyap dalam hitungan hari. Langsung setelah itu saya ganti airnya hingga sebanyak 90%.

Kalo melihat dari kondisi fisik koi yang mati yakni bercak merah, ada luka semacam borok dan juga keadaan kolam yang berubah berwarna hijau, berbusa dan bau sepertinya kena penyakit aeromonas.

Oh ya penampakan filter yang saya gunakan seperti ini (filter model tong)

filter-kolam-koi

Filter tong ini saya beli 1 bulan yang lalu, dan 3 minggu sebelum kejadian berjalan normal (air kolam bening dan tidak bau). Ukuran fiter tong ini tinggi 70 cm dan diameter 30 cm. Saya isi dengan media dakron putih dan biobal sekitar 1000 buah dengan kapasitas kolam 1500 liter.

[adsense]

Saya menduga filternya bermasalah mungkin karena dakron sering saya cuci (hampir tiap hari) karena sering mampet dan air meluber sampai2 karena seringnya saya cuci cacing merahnya hilang walaupun sudah saya beri bakteri starter dan juga ketambahan penghuni baru dengan ukuran 30cm.

Rencana yang saya pikirkan atau yang ingin saya coba ada dua :

  1. Menambah filter tong kembali karena mungkin kapasitas filter tong yang sekarang belum cukup. Menambah 1 filter tong lagi dengan kapasitas diatasnya, jadi nanti ada 2 filter tong. Aliran filternya dari pompa masuk ke filter tong yang pertama kemudian masuk ke filter tong yang kedua dan keluar ke kolam.
  2. Mengganti dakron putih dengan dakron super dan menambahkan bioblox sebagai media biologis. Saya baca-baca dakron super penggunaannya bisa tahan lama dan jika kotor tidak menyumbat air sehingga tidak sering dibersihkan. Sedangkan bioblox kemampuannya sebagai tempat tumbuh bakteri lebih bagus dari pada biobal. Bioblox ini nanti digunakan sebagai penambah biobal. Jadi urutan medianya => tong pertama dibagi dua chamber, chamber pertama diisi dakron super sedangkan chamber kedua diisi bioblox. tong kedua diisi full biobal.

Sementara seperti itu dulu, akan saya update jika kedua langkah tersebut sudah saya lakukan.

Update :

20 Mei 2016, rencana diatas sudah saya lakukan, ulasannya ada di tulisan filter tong biru diy.

One Comment

Tambahkan Komentar