5 kuliner bakso malang yang enak dan terkenal

Bakso? Salah satu makanan yang setiap orang pasti tau dan pernah memakannya. Makanan yang sangat enak dimakan saat hujan atau diwaktu dingin-dingin.

Di Malang, orang biasa menyebut bakso dengan oskab (bahasa dibalik). Bakso menjadi makanan favorit yang penjualnya bisa ditemukan dimana saja. Mulai dari pedagang kaki lima, pinggir jalan, sampai di tempat perbelanjaan (mall).

Setiap penjual bakso di Malang memiliki resep bakso Malang sendiri-sendiri sehingga antar penjual satu dengan yang lain berbeda rasanya meskipun resep bahan dan bumbu untuk membuat bakso hampir sama. Selain memiliki rasa bakso Malang yang enak, rasa kuah bakso pun juga enak.

Jika anda sedang berada di Malang, jangan lupa kuliner di 5 bakso Malang yang enak dan terkenal berikut ini :

BACA JUGA : 3 KULINER BAKSO BAKAR MALANG YANG ENAK DAN TERKENAL

1. Bakso President


Alamat : Jl. Batanghari No. 5, Kota Malang

kuliner bakso president malang

Tidak jauh seperti namanya, bakso ini menyajikan rasa bakso yang berkualitas. Dan yang paling unik adalah letak tempatnya. Ya..letak tempatnya, yakni persis di depan rel ketera api. Jadi kadang sewaktu makan bisa melihat kereta api melintas.

Bakso ini bernama President ada cerita sejarahnya. Oleh pendirinya, Abah Sugito pada waktu awal berjualan dulu sekitar tahun 1977 berjualan bakso dengan dipikul keliling selama kurang lebih lima tahun. Setelah tahun 1982 dengan modal yang dimiliki, Abah Sugito membangung warung bakso sederhana di belakang gedung Bioskop

President Malang. Kemudian di tahun 1990 gedung Bioskop beralih fungsi menjadi pusat perberlanjaan, yang kini bernama Mitra II (dua). Karena cukup lama berada di belakang gedung Bioskop President (sekitar 8 tahun) sehingga orang-orang mengenal bakso Abah Sugito dengan bakso President.

2. Bakso Kota Cak Man


Alamat : Jl Soekarno Hatta, Ruko Grand Soekarno Hatta 25-26, Kota Malang

kuliner bakso kota cak man malang

Salah satu Bakso yang memiliki cukup banyak cabang. Sekarang mungkin ada sekitar 12 cabang yang ada di Kota Malang.

Jika anda berada di sekitar Universitas Brawijaya, cabang terdekat Bakso Cak Man berada di jalan Soekarno Hatta. Tidak hanya di Kota Malang, bakso Kota Cak Man juga membuka cabang di Jakarta, Makassar, Surabaya, Batam, Kediri dan beberapa kota lainnya. Hal ini yang membuktikan rasa dari bakso Kota Cak Man sangat digemari banyak orang.

Cak Man, pendiri bakso ini mengakui selama masa awal merintis usaha bakso ini banyak hal berkesan yang dialaminya, terutama kisaran tahun 1990-2000. Contohnya, ketika tahun 1993 dari hasil berjualan bakso dia berhasil membeli mobil berkas buatan tahun 1986. Namun karena tinggal di rumah didalam gang sempit, setiap malam sambil menunggu mobil yang parkir di luar gang maka dia terpaksa tidur didalam mobil.

3. Bakso Damas


Alamat : JL Soekarno Hatta 70, Kota Malang

kuliner bakso damas malang

Bakso yang juga memiliki beberapa cabang di Kota Malang tapi belum sebanyak Bakso Kota Cak Man. Bakso ini sangat mudah ditemukan, ketika anda melewati JL Soekarno Hatta pasti melewati Bakso Damas ini.

Asal kata Damas diambil dari nama pendirinya, yakni “Aryo Damas”. Warung bakso Damas dibangung sejak tahun 1992.

Bakso Damas terdiri dari bermacam-macam jenis, mulai dari mie, tahu, bakso goreng, jeroan usus, sate telur puyuh dan yang paling menarik disini anda bisa menenmukan bakso daging yang ukurannya hampir sama dengan bola tenis.

4. Bakso Stasiun P. Dulmanan


Alamat : Jl. Trunojoyo No.8-9, Kota Malang

kuliner bakso stasiun pak dulmanan malang

Mengapa namanya Bakso Stasiun? karena letak kiosnya tepat bersebelahan dengan Stasiun Kota Baru Malang.

Jika anda berkunjung ke Malang dan berhenti atau turun di Stasiun Kota Baru Malang rugi jika tidak merasakan kuliner bakso yang satu ini. Jika dari Stasiun Kota Baru Malang setelah keluar, belok ke kiri dan cukup dengan berjalan kaki anda sudah sampai di Bakso Stasiun P. Dulmanan.

5. Bakso Prima


Alamat : JL. Soekarno Hatta (seberang jalan Warung Steak & Seak)

Salah satu bakso andalan anak kampus. Selain harganya yang sangat terjangkau, baksonya pun juga bermacam-macam. Meskipun tergolong bakso dengan harga terjangkau, tapi jangan salah mengenai rasanya, rasanya tak kalah dengan bakso-bakso yang lain.

Bakso ini pun juga mempunya banyak cabang, bahkan sampai gerobah keliling pun juga ada. Salah satu cabangnya berada di JL Soekarno Hatta, seberang jalan Warung Steak & Seak. Selain itu juga ada cabang di Jl Pisang Kipas.

BACA JUGA : 3 KULINER BAKSO BAKAR MALANG YANG ENAK DAN TERKENAL

One Comment

Tambahkan Komentar